Tuesday, January 10, 2023

ANALISIS DATA INFORMATIKA KELAS 8

Halo semuanya! saya Aqila dari kelas 8G, pada hari ini, kita akan belajar tentang Analisis Data BAB 6. 

Analisis data adalah sebuah proses investigasi, pembersihan, transformasi dan pemodelan data menggunakan tujuan menemukan gosip yang bermanfaat, menginformasikan kesimpulan serta mendukung pengambilan keputusan. Mengelola data dapat menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table (tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu), fungsi SUMIFS dan fungsi COUNTIFS (formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu), maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja. 


A.) PENCARIAN DATA

Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar atau TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah atau FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference (mengacu pada sesuatu yang menunjukkan posisi data dalam suatu range data dan terdiri atas match, index, dan choose). 


1. Pencarian Data dengan Fungsi Lookup 

Lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ni adalah MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range. 

2. Pencarian Data dengan Fungsi Reference 

Reference adalah fungsi untuk mengacu suatu lokasi data di dalam suatu range.


B.) VISUAL DATA

Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data. Visualisasi data dapat digunakan untuk melakukan prediksi terhadap nilai data, yaitu memperkirakan nilai data di waktu yang akan datang. Chart yang dapat digunakan untuk membantu prediksi data ialah Line atau Column.


Panduan untuk membuat chart yang baik seperti berikut. 

- Tentukan jenis chart yang tepat.

- Perhatikan apakah chart hanya untuk satu kelompok data, atau untuk beberapa kelompok data. 

-  Lengkapi chart dengan grafik (title), label sumbu x dan sumbu y (axislabel), atau label yang bermakna.

- Berikan beberapa tips untuk setiap jenis chart.

- Berikan petunjuk pemakaian yang tepat untuk setiap chart. 


C.) PERINGKASAN DATA

Peringkasan data ini memudahkan kita untuk melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk melakukan peringkasan data, yaitu menggunakan ;

1) fungsi kalkulasi data berkondisi, SUMIFS dan COUNTIFS.

2) pivot tables.

(3) tables otomatis dari perangkat pengolah data. 


1. SUMIFS dan COUNTIFS 

Nama Fungsi SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu atau banyak kondisi). 

Nama fungsi COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi).




Sekian, terima kasih.


No comments:

Post a Comment

SOAL ESSAY INFORMATIKA KELAS 8

Dibuat oleh Aqila (08) 8G Soal diambil dari  wijayalabs.com 1. Apakah tujuan belajar analisis data?   untuk mendeskripsikan data sehingga bi...